Pengaduan Online

Di Posting Kamis, 17 Oktober 2013 Oleh xxx, Rt. 01 Rw. 02 Desa Sumpinghayu, xxx
SDN SUMPINGHAYU, Kab. Cilacap, Jawa Tengah

penyaluran dana di sd kami tidak sesuai dengan jumlah siswa pada triwulan III, dari jumlah siswa 104 yang menerima hanya 98 siswa, bagai mana cara memperbaiki jumlah siswa tersebut?

Tim BOS Menjawab:
Senin, 18 November 2013

masalahnya sdh kami teruskan ke tim IT,tks

Di Posting Kamis, 17 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SLB pembina pekanbaru, Kota Pekanbaru, Riau

dana BOS yang didistribusikan di sekolah ini, sampai saat ini belum diterima oleh para murid, mohon kejelasan untuk pendistribusian dana ini, atas kerjasamanya saya ucapkan terimakasih. mel

Tim BOS Menjawab:
Minggu, 20 Oktober 2013

Terimakasih atas informasinya. Agar masalah tsb. dapat ditindaklanjuti dengan baik, kami perlu mendapatkan jati diri Anda misalnya sebagai guru, atau lainnya.

Di Posting Rabu, 16 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN 086 PEKANBARU, Kota Pekanbaru, Riau

APAKAH FOTOCOPY MID SEMESTER TERMASUK DALAM ANGGARAN DANA BOS?

Tim BOS Menjawab:
Senin, 4 November 2013

terima kasih pertanyaannya,sebagian dana BOS dapat dipergunakan untuk kegiatan ulangan dan ujian termasuk untuk foto copy,penggandaan soal dan honor koreksi ujian,tks

Di Posting Rabu, 16 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN 4 Tuban Jl Masjapur (dekat B, Kab. Badung, Bali

Denpasar,16 Oktober 2013 Salam, Sebagai informasi : Dana komite thn 2012-2013 Rp 250,000/tahun,jadi kira2 Rp 21.000/bulan,untuk periode berikutnya sudah ada edaran dr sekolah kalau dana komite yang akan dipungut secara bulanan sebesar Rp 60.000,jadi total 720.000/tahun (hampir 300% kenaikannya,kalau punya anak yang bersekolah di SDN tersebut lebih dari 1 anak,tinggal dikalikan saja),yang katanya untuk peningkatan mutu dan prestasi . Sedangkan buku paket dari BOS saja tidak semua murid dapat jatah,malah foto copy sendiri,kadang selesai tahun ajaran diminta oleh sekolah.Bagaimana dapat meningkatkan mutu. Yang saya mau tanyakan apakah boleh dana komite naik tanpa menanyakan keberatan atau tidak kepada orang tua murid,yang mungkin ujung2nya orang tua murid disarankan minta surat keterangan miskin,menurut saya buka itu solusinya.Faktanya tidak semua orang tua murid tahu kebijakan sekolah ( mau bayar,kalau gak mau pindah sekolah saja ....). Edaran penggunaan dana komite ada dana pemeliharaan komputer,di edaran penggunaan dana BOS ada untuk komputer,tiap bulan juga ada iuran komputer Rp 20.000/bln,bulan liburpun tetap harus dibayar. Mohon penjelasan bagaimana sebenarnya kebijakan untuk penetapan dana iuran komite. Terima kasih Salam, Alfan

Tim BOS Menjawab:
Senin, 4 November 2013

terima kasih informasinya,program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu dengan demikia secara khusus bertujuan untuk : 1. membebasakan pungutan bagi seluruh siswa SD dan SMP negeri terhadap biya operasional sekolah. 2.membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun,baik sekolah negeri maupun swasta. 3.meringankan biaya operasi sekolah bagi siswa disekolah swasta.tks

Di Posting Rabu, 16 Oktober 2013 Oleh xxx, Pulau Panggung, xxx
SD Negeri 1 Pulau Panggung, Kab. Lampung Utara, Lampung

Kami orang tua siswa SD Negeri 1 Pulau panggung Kec Abung Tinggi diwajibkan membayar uang baju seragam batik sekolah sebesar Rp.100.000/siswa. apakah membeli baju seragam batik sekolah tdk trmasuk alokasi dana BOS.

Tim BOS Menjawab:
Senin, 4 November 2013

terima kasih pertanyaannya,sebagian dana BOS dapat digunakan untuk membantu siswa miskin termasuk untuk membeli seragam bagi siswa miskin,tks

Di Posting Selasa, 15 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN TANGERANG 4, Kota Tangerang, Banten

membaca pengaduan salah satu orang tua: " Di Posting Minggu, 29 September 2013 Oleh Sholihin, xxx, xxx SDN Tangerang 4, Kota Tangerang, Banten Mengomentari Jawaban TIM BOS atas pertanyaan tanggal 30 Agustus 2013 Oleh Pak Ramli Silitonga, katanya buku paket itu gratis dipinjamkan dari sekolah. kalo LKS sih masih masuk akal kalo harus beli karna barang habis pakai. lah ini buku paket juga kita harus beli. banyak modusnya nih sekolah, dari mulai buku paket, ekstrakurikuler, les, dll. semuanya wajib dan harus BAYAR. dinas pendidikan pusat/setempat masih kurang tegas atas penyimpangan ini. BUKTINYA sekian banyak laporan dari ortu siswa dari bulan" sebelumnya tapi tetap saja prakteknya berlanjut dengan modus yang berbeda. TOLONG KAMIIIII.... mana janji pemerintah tentang pendidikan.... jangan karna segelintir oknum citra pendidikan jadi RUSAK. silahkan bandingkan dengan SD 3 Tangerang dan SD lainnya.. disana tidak ada pungutan SAMA SEKALI." kalau saya perhatikan salah satu orangtua membandingkan SDN Tangerang 4 Dengan SDN yang lainnya. Maap saya juga salah satu orang tua yang menyekolahkan anak di SDN Tangerang 4. Saya gak tau orang tua tadi sudah membandingkan kualitas SDN Tangerang 4 dengan SDN yang dia maksud. kalau sama kenapa gak sekolah di SDN yang dibandingkan aja. Kalau memang seperti yang Orang Tua Tulis " banyak modusnya nih sekolah, dari mulai buku paket, ekstrakurikuler, les, dll. semuanya wajib dan harus BAYAR". Yang saya tau di Komplek SDN 4 itu ada 3 Sekolah yaitu SDN Tangerang 4, SDN Tangerang 9 Dan SDN Dan Mogot 2. pertama sih yang saya tanyakan juga kenapa saat memasukan sekolah anak Bapak/ibu dimasukkan atau memilih ke SDN Tangerang 4? bukan ke SDN Tangerang 9 atau SDN Daan Mogot 2. mari Kita dukung kegiatan yang dilakukan di SDN tangerang 4 selama kegiatan tersebut positif dan sesuain aturan

Tim BOS Menjawab:
Senin, 4 November 2013

terima kasih informasinya,untuk menyelesaikan masalah yang bapak laporkan ke pihak pengawas internal didaerah setempat,tks

Di Posting Senin, 14 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SD Negeri Kenteng 02, Kab. Semarang, Jawa Tengah

kepada pihak BOS terhormat, saya perwakilan dari SDN Kenteng 02 Bandungan ingin menanyakan kenapa dari hari sabtu malam tgl 12 Oktober 2013 sampai sekarang saya belum bisa masuk ke akun BOS sekolah?mohon memberi petunjuknya, terima kasih.

Tim BOS Menjawab:
Senin, 18 November 2013

masalahnya sdh kami teruskan ke tim IT,tks

Di Posting Minggu, 13 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
kubu perahu, Kab. Lampung Barat, Lampung

saya operator kubu perahu saya lupa Kode Registrasi Sekolah dan pasword untuk login di web http://bos.kemdikbud.go.id/

Tim BOS Menjawab:
Senin, 21 Oktober 2013

Username = no regristrasi dari dapodik ( kalo blm punya ,tanya ke Dinas pendidikan setempat) passwordnya NPSN sekolah anda.. Terima kasih

Di Posting Minggu, 13 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
sdn 86 rumbai pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

apakah mid semester termasuk dalam pembiyaan dana bos?

Tim BOS Menjawab:
Jumat, 1 November 2013

terima kasi pertanyaannya,kegiatan ulangan dan ujian termasuk kegiatan yang dapat dibiayai oleh program BOS,tks

Di Posting Sabtu, 12 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SD Negeri 16 Padangkudo, Kab. Agam, Sumatera Barat

kami ada kekeliruan mengisi format K 7 A dan sudah kami laporkan secara online. Adakah pengaruhnya untuk pencairan dana triwulan 3 dan 4? bagaimanakah cara memperbaiki laporan onlinenya?terimakasih

Tim BOS Menjawab:
Senin, 10 Februari 2014

Kirim email saja ke pelaporan.bos@gmail.com mengenai kekeliruannya

Di Posting Sabtu, 12 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN TANGERANG 4, Kota Tangerang, Banten

membaca postingan orang tua " Di Posting Minggu, 29 September 2013 Oleh Alimudin, xxx, xxx SDN Tangerang 4, Kota Tangerang, Banten ikut prihatin atas pengaduan sebagian orangtua murid dibawah, memang ganjil kebijakan sekolah ini, malah minggu kemaren orangtua murid termasuk saya sendiri diwajibkan membuat surat pernyataan bersedia mengikuti les disekolah, isunya banyak orangtua yang terpaksa bersedia ikut karena khawatir anaknya diabaikan wali kelasnya sendiri. dan kalau tidak salah itu Les itu harus bayar 15rb/bulan/siswa, semoga pemerintah pusat dan setempat tidak menutup mata atas penyimpangan yang terjadi di sekolah ini.mudah-mudahan pemerintah bisa memperbaiki sistem sekolah ini." Maap saya sebagai salah satu orang tua yang menyekolahkan anak di SDN tangerang 4, kalau bisa memohon : 1. Yang Bapak Maksud adalah kelas berapa? dan siapa yang mewajibkan membuat surat pernyataan bersedia mengikuti les disekolah? mari kita luruskan masalah yang bapak maksud di SDN Tangerang 4. 2 kalau saya baca tulisan bapak " isunya banyak orangtua yang terpaksa bersedia ikut karena khawatir anaknya diabaikan wali kelasnya sendiri" kalau masih isu mari kita pastikan benar atau tidaknya isu tersebut. sehingga tidak ada rasa prasangka walaupun saya gak tau sebenarnya bapak terpaksa atau tidak. 3. Mari kita bergandengan tangan untuk memajukan SDN tangerang 4, tempat dimana sekarang kita sebagai orang tua, menitipkan anak kita belajar.

Tim BOS Menjawab:
Jumat, 1 November 2013

terima kasih infonya,masalah ini akan kami teruskan ke manajeman BOS kabupaten/kota setempat,tks

Di Posting Sabtu, 12 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN TANGERANG 4, Kota Tangerang, Banten

Membaca keluhan salah satu orang tua. "Di Posting Kamis, 3 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx SDN Tangerang 4, Kota Tangerang, Banten makin parah sekolah ini, sekarang berimbas ke anak saya nih, nilai anak saya jadi hancur gara" tidak ikut les di sekolah, yang diadakan oleh wali kelas. les nya ini berbayar, dan bukannya mengulang pelajaran, tapi malah melanjutkan pelajaran yang ada di kurikulum. terang saja anak saya ketinggalan pelajaran, karena tidak ikut les. anak saya tidak ikut les karena sudah dikeluarkan oleh wali kelasnya, karena saya tidak sanggup bayar uang les. jika caranya kurang fair seperti ini lebih baik jangan ada kegiatan lain di sekolah, hanya akan mendiskriminasi kami dari golongan yang kurang mampu. mohon tanggapan, solusi, bantuan dan tindak lanjutnya, karena saya tidak berani mengadu/komplain langsung ke sekolah, karena saya takut anak saya dibenci/didiskriminasi oleh wali kelasnya sendiri nantinya. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. menurut saya : 1. pada tulisan.. "nilai anak saya jadi hancur gara" tidak ikut les di sekolah , tolong perjelas kelas berapa yang orang tua maksudkan. menurut saya nilai anak anjlok bukan gara-gara les atau tidaknya karena klu kita mau ngajarin anak kita gak ada alasan nilai anjlok. hanya sekarang selain belajar disekolah, anak kita, kita ajarin atau nggak dirumah? karena yg saya tau yang di test kan harian adalah apa yang ada di LKS. sekarang balik lagi ke kita "kita butuh les atau tidak?" klu kita bisa ngajarin anak kita, saya rasa gak butuh les dan nilai tidak akan hancur, karena sebenarnya kita juga harus tau kemampuan anak kita sejauh mana? jangan sampai buruk muka cermin dibelah. 2. Maap saya tidak menanggapi tulisan orang tua." anak saya tidak ikut les karena sudah dikeluarkan oleh wali kelasnya, karena saya tidak sanggup bayar uang les." hanya menurut saya kalau kita mampu ngajarin anak kita diluar jam sekolah. less itu mungkin tidak kita butuhkan. jangan karena kita kesulitan biaya untuk ikut less lalu kita seolah-olah les itu gak usah diadakan disekolah. karena menurut saya andaipun disekolah tidak diadakan less, banyak orang tua yang punya keinginan anaknya lebih maju di pendidikan, maka anak tersebut diikutkan di bimbingan belajar lain(kalau gak percaya cek aja tempat BIMBEL yang ada disekitar SDN Tangerang 4) 3. Pada tulisan terakhir yang berbunyi, " mohon tanggapan, solusi, bantuan dan tindak lanjutnya, karena saya tidak berani mengadu/komplain langsung ke sekolah, karena saya takut anak saya dibenci/didiskriminasi oleh wali kelasnya sendiri nantinya". menurut saya kita sebagai orang tua yang merupakan bagian dari keluarga besar SDN Tangerang 4. lebih baik kita mencari solusi dengan cara bicara dengan pihak sekolah (kepala sekolah) kalau kita udah bicara dan tidak ada solusi baru kita mengadu ketempat lain . 4. SDN tangerang 4 tempat dimana sekarang anak kita dititipkan untuk di didik mari kita dukung semua kegiatan positif yang dilaksanakan di SDN tangerang 4.

Tim BOS Menjawab:
Senin, 18 November 2013

terima kasih infonya,masalah yang bapak adukan sudah kami teruskan ke tim os kab/kota setempat,tks

Di Posting Sabtu, 12 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN 3 Seliling, Kab. Kebumen, Jawa Tengah

Mohon informasinya untuk nilai BOS tiap siswa setingkat SD tiap tahunnya berapa rupiah.Dan apakan sekolah masih diperbolehkan menarik iuran dari siswa untuk pembangunan,kegiatan ekstra,kenaikan kelas dan sebagainya.... Saya memang tidak mempunyai data yang akurat,tapi saya dengar ada beberapa sekolah bisa mengaplikasikan sekolah gratis yang sebenarnya tanpa menarik iuran sepeserpun dari siswa.Tapi kenapa kebijakan itu seperti tidak diwajibkan dan memberi peluang kepada pihak sekolah untuk menarik iuran dari murid dengan berbagai alasan. Mohon penjelasannya karena sekolah "gratis" hanya slogan saja dan dalam prakteknya tidak ada yang gratis.

Tim BOS Menjawab:
Jumat, 1 November 2013

terima kasih pertanyaannya, besaran dana BOS untuk siswa SD Rp.580.000/siswa/tahun,dengan adanya program BOS sekolah tidak boleh melakukan pungutan kepadasiswa,tks

Di Posting Jumat, 11 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
ID sekolah 20531857, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bersama dengan ini kami selaku Orang tua/wali Murid menyampaikan Bahwa di satuan pendidikan SD AL-HIKMAH /NPSN 20531857 kecamatan Sukomanunggal telah banyak melakukan pelanggaran/penyimpangan yang dilakukan terhadap orang tua / walid murid berkenaan hal tersebut kami lihat karena sekolah tersebut kami mengetahui menerima Dana BOSNAS dan HIBAH BOPDA namun tetap melakukan hal-hal sebagai berikut: 1. Pungutan liar terhadap kegiatan Pondok Ramadhan (Bukti edaran terlampir) 2. Libur awal Ramadhan ditetapkan lebih awal tidak mengikuti kalender pendidikan Dispendik. 3. Masih ada pembayaran Bulanan SPP bagi siswa . mereka menyebutnya INFAK atau DONATUR PENDIDIKAN. 4. Menjual LKS (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Daerah, IPA, IPS, Matematika) semua harganya Rp 56.000,(lima puluh enam ribu rupiah) 5. Menjual Buku paket (excel Math/Sempoa, Komputer/TIK,) Harganya Rp 76.000, (tujuh puluh enam ribu). Padahal Buku buku tersebut untuk pelajaran extra. 6. Menjual buku penghubung Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) 7. Biaya yang Timbul untuk siswa Kelas 6 sangat memberatkan orang tua mukai biaya les,tour, ujian nasional, try out dll. semua TELAH KAMI LAPORKAN KE DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA. KAMI TINGGAL MENUNGGU ACTION DARI DINAS.

Tim BOS Menjawab:
Jumat, 1 November 2013

terima kasih infonya,sekolah yang nendapatkan program tidak boleh melakukan dalam bentuk dan alasan apapun kepada siswa,tujuan program BOS yaitu untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu,tks

Di Posting Jumat, 11 Oktober 2013 Oleh xxx, xxx, xxx
SDN 6 METRO SELATAN, Kota Metro, Lampung

Nama Sekolah (SDN 6 Metro Selatan) tidak terdaftar di laporan BOS online. Bagaimana cara mendafatarnya ?

Tim BOS Menjawab:
Senin, 9 Desember 2013

Jika belum punya kode regristrasi dari dapodik,tanyakan ke Dinas pendidikan kab/kota setempat..

 

 

 

Resource links